Jawaban Bisnis Internasional
Nama : Alvia Putri R.
NIM : 01219005
Prodi : Manajemen B
NIM : 01219005
Prodi : Manajemen B
1. Aspek Pemasaran agar misi bisnis organisasi sukses
1. - Menggali
pengetahuan tentang pasar yang akan dituju atau market intelligence. Salah satu
cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan survei pasar untuk
mendapatkan data mengenai kondisi pasar, produk sejenis di pasaran, harga
kompetitor, mutu barang, dan lainnya.
2. - Memperhatikan
kualitas produk dan memastikan bahwa produk telah memenuhi standarisasi
internasional sebelum melakukan ekspor. Standarisasi internasional dapat
menjadi cara untuk menyesuaikan produk yang akan dijual dengan kondisi negara
yang hendak dituju.
3. - Mencari
tahu database dari Badan Pengembangan Export Nasional (BPEN), yang merupakan
lembaga pengelola ekspor yang bertugas untuk melakukan koordinasi dan pembinaan
tentang pengembangan ekspor.
4. - Mencari
tahu database dari Kedutaan Besar Negara Asing di Indonesia, yang biasanya
memiliki perwakilan asing yang dapat membantu para pebisnis dalam menemukan
dengan tepat siapa saja orang yang harus dihubungi untuk melakukan kegiatan
ekspor.
-2. Strategi untuk memasarkan produk dari negara maju terhadap
negara berkembang
1.
Iklim
Bisnis di negara pengimpor relatif menguntungkan
2.
Peraturan-peraturan
ekspor dan impor bukanlah sesuatu yang tidak dapat diatasi
3.
Tidak
akan ada penolakan budaya yang kuat untuk membeli barang-barang dari negara itu
4.
Fasilitas
transportasi yang memuaskan telah ada
5.
Anggota-anggota
saluran impor (pedagang, bank, pialang pabean) telah berpengalaman dalam
menangani pengiriman impor dari kawasan eksportir.
6.
Devisa
untuk membayar ekspor tersedia.
7.
Pemerintah
dari sebuah mitra dagang mungkin memohonkan tekanan atas importer untuk membeli
dari negara-negara yang merupakan pelanggan-pelanggan yang baik dari ekspor
negara itu.
3. MANFAAT CSR (Corporate
Social Responsibilty) BAGI PERUSAHAAN
1.
Meningkatkan
Citra Perusahaan
Dengan melakukan kegiatan CSR,
konsumen dapat lebih mengenal perusahaan sebagai perusahaan yang selalu
melakukan kegiatan yang baik bagi masyarakat.
2.
Memperkuat
“Brand” Perusahaan
Melalui kegiatan memberikan product
knowledge kepada konsumen dengan cara membagikan produk secara gratis, dapat
menimbulkan kesadaran konsumen akan keberadaan produk perusahaan sehingga dapat
meningkatkan posisi brand perusahaan.
3.
Mengembangkan
Kerja Sama dengan Para Pemangku Kepentingan
Dalam melaksanakan kegiatan CSR,
perusahaan tentunya tidak mampu mengerjakan sendiri, jadi harus dibantu dengan
para pemangku kepentingan, seperti pemerintah daerah, masyarakat, dan
universitas lokal. Maka perusahaan dapat membuka relasi yang baik dengan para pemangku
kepentingan tersebut.
4.
Membedakan
Perusahaan dengan Pesaingnya
Jika CSR dilakukan sendiri oleh
perusahaan, perusahaan mempunyai kesempatan menonjolkan keunggulan
komparatifnya sehingga dapat membedakannya dengan pesaing yang menawarkan
produk atau jasa yang sama.
5.
Menghasilkan
Inovasi dan Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengaruh Perusahaan
Memilih kegiatan CSR yang sesuai
dengan kegiatan utama perusahaan memerlukan kreativitas. Merencanakan CSR
secara konsisten dan berkala dapat memicu inovasi dalam perusahaan yang pada
akhirnya dapat meningkatkan peran dan posisi perusahaan dalam bisnis global.
Komentar
Posting Komentar